Yuk Belajar SAS – Statistical Analysis System


SAS adalah “Kumpulan modul yang digunakan untuk mengolah dan menganalisa data”  Tidak seperti paket statistik lainnnya, kata Cody SAS juga sangat powerful, merupakan bahasa pemrograman general purpose.  Wah menarik nih.  Aku pernah belajar statistik dan sekarang hoby bikin program bisa digabung disini.  Kata Cody SAS merupakan software utama pada industry farmasi dan kebanyakan perusahaan-perusahaan fortune 500 (perusahaan iklan kali ya?).  Pada tahun-tahun terakhir SAS telah ditingkatkan menjadi tool dan program data mining untuk pengembangan web dan analisis.  Kata orang bank-bank besar dan bank-bank asing menggunakan SAS buat MIS nya.   Kalau bisa SAS kayaknya dianggap orang hebat dan gajinya gede.  Makin menarik, siapa sih yang tidak mau gaiji gede.  Emang hebatnya apa?  Seberapa susah dipelajari?  Dibanding belajar Delphi, Java tau PHP bagaimana?  Selama ini aku mempelajari program komputer tanpa guru tanpa kursus.  Harusnya program ini juga bisa dong.

Sebagai paket untuk pengolahan data SAS tentu memiliki kemampuan “data summarizing and reporting”.  Tetapi ternyata SAS juga terkenal dengan kemampuan analitiknya.  (Oh pantes ya di bank ada bagian yang namanya Risk Analitycs, rupanya dari sini kali asal muasalnya).

Beberapa contoh pertanyaan yang bisa dijawab dengan SAS :

1. Apakah rata-rata penjualan wilayah barat lebih baik dari penjualan di wilayah timur?
2. Apakah pelanggan yang membeli permen karet kita membelanjakan lebih banyak uang di pengecer dari pada yang tidak berbelanja di pengecer?.
3. Faktor demografis pelanggan manakah yang berguna untuk memperidiksi tingkat penerimaan pelanggan terhadap pemasaran langsung?
4. Rumah sakit ingin memprediksi lamanya pasien menginap berdasarkan pernyataan dokter dan perawat yang terekam dalam database.

Sekarang kan lagi jamannya pemilu.  Pikir-pikir kayaknya SAS bisa dipakai oleh Partai Politik dalam strategi mereka berkampanye dan meraih jumlah pemilih sebanyak-banyaknya.  Dengan dukungan litbang, database dan analisis yang tepat mereka bisa membuat strategi lebih baik.  Janagan seperti sekarang, masing-masing caleg mempromosikan dirinya sendiri melalui pemasangan foto-foto di berbagai tempat.  Kita jadinya pusing melihat banyaknya gambar-gambar bertebaran di berbagai tempat.

SAS software pada awalnya dikembangkan oleh sekelompok orang di North Carolina University (NCSU) pada akhir 1960-an dan awal 1970-an.  Mereka saat ini masih ada di SAS (sebuah perusahaan) sebagai pemilik atau eksekutif.  Para pionor SAS tersebut dilatih sebagai ahli statistik atau matematika dan mengembangkan bahasa SAS untuk secara spesifik membantu berbagai eksperiman ilmiah yang dilaksanakan di NCSU dan berbagai universitas riset lainnya.

Kata Pak Cody kalau kita belajar SAS sendiri, maka direkomendasikan memakai “SAS Learning Edition 4.1”  Harganya tidak terlalu mahal dan ditujukan khusus untuk pelajar yang akan belajar SAS

Buku resminya bisa diperoleh disini : SAS Learning Edition

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: