Aplikasi HP buat Symbian 60


Salah satu cara, meningkatkan kinerja ponsel Symbian bisa dilakukan dengan mengisikan aplikasi yang tepat dan berguna bagi mobilitas kita. Sangat disayangkan, jika ponsel kita cuman bisa buat telepon dan sms aja. Sebab ponsel-ponsel canggih yang telah mengadopsi Symbian OS otomatis akan mendukung berbagai macam aplikasi interface (APIs). Termasuk di dalamnya adalah multitasking kernek, middle-ware for communication, data manajemen dan grafis, GUI framework fase awal, dan berbagai aplikasi lain.

Ponsel yang sudah mengaplikasikan Symbian OS memiliki kemampuan yang lebih dibanding dengan generasi sebelumnya, hal ini dikarenakan system operasi ini dibekali dengan kemampuan :

· Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel

· Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadi sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa dan konten)

· Open standard dan interoperability, modul-modulnya mudah diimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasi teknologi dan pemrograman interfaces (APIs)

· Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.

· Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan dengan inovasi yang diinginkan

· Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan tenaga dari perangkat komunikasi yang saat ini ada.

Banyak ponsel yang mengadopsi Symbian OS dan mengaplikasikannya pada produk mereka, antara lain Ericsson R380, Nokia 9210 communicator series, Nokia 7650,3650 , 6600, Sony Ericsson P800, Siemens SX1 dan Sendo. Bahkan yang terbaru adalah Symbian seri 70, 80 dan 90. [Communicator 9500]

Nah………Dibawah ini adalah uraian yang bisa dijadikan pedoman untuk menentukan aplikasi mana saja yang wajib kita gunakan !!

Aplikasi Kamera dan Video

*** eticamcoder

Pioner Softaware recorder unlimited hanya saja, hasilnya tidak bisa langsung dinikmati hasilnya dikomputer tetapi harus melewati proses convert dulu ke bentuk *.avi menggunakan converter langsung dari pengembang apllikasi tersebut.

*** philipcamcorder

Mampu melakukan recording video unlimited seperti eticamcorder dan lebih enaknya lagi hasilnya bisa langsung di nikmati di komputer dengan bantuan nokiamultimedia player dengan hasil recording berbentuk file *.3gp, penggunaanya perlu sedikit perubahan di settingan aplikasi tsb mulai dari hasil kualitas rekaman sampai besar file hasil rekaman (unlimited)

*** Photographer

Kualitas gambarnya cukup bagus dan fitur yang ada didalamnya membuat aplikasi ini patut di install di ponsel yang adan camera nya, Kelemahannya, dibutuhkan kapasitas RAM yang besar, sebab jika tidak maka loadingnya akan sangat menjengkelkan

*** Camera FX

Aplikasi camera pertama yg sangat populer sewaktu jaman nokia 7650 pertama keluar dimana kita tahu nokia hanya menyertakan camera standar yang hanya bisa untuk memfoto tanpa ada add’on lainya seperti camera fx dimana kita tahu aplikasi kamera fx menyertakan foto editing dan foto efek disetiap hasil jepretan yg sudah kita lakukan

Handy File

Mirip dengan File Explore dan kompatibel dengan semua ponsel symbian Nokia.Program ini gampang digunakan.. Kelemahannya tidak sehebar seleq, namun bagi orang awam aplikasi ini sudah cukup buat Browse semua isi ponsel anda

Anti Mosquito

Obat nyamuk buat ponsel, lumayan sih buat ngusir nyamuk, soalnya khan lagi musim demam berdarah tapi kadang gak ampuh.

AppMan

Aplikasi ini buat bersih-bersih sebab terkadang sebuah program yang telah di uninstall masih tetap menyimpan beberapa file *temp. Kita bisa melihat kapasitas serta direktori mana yang kosong dan terpakai. Tidak hanya itu, beberapa program yang sedang running, compress ram juga terlihat.

Autoexec

Untuk menjalankan aplikasi secara otomatis begitu ponsel dinyalakan.

Answering Machine

Mesin penjawab otomatis apabila ada telepon masuk. Pas buat kamu yang lagi malas jawab telepon dari orang tak dikenal, pas juga buat selingkuh .heehehee.

AniViewer

Menampilkan animasi GIF yang bergerak secara terus menerus.

Agile LieDetector

Pendeteksi kebohongan. Cocok buat menguji tingkat kejujuran seseorang. Teknisnya bekerja dengan frekuensi suara yang diucapkan si penipu. Tapi, jika pelaku adalah penipu ulung, jangan berharap banyak deh !!

Agile Messenger

Program ini digunakan untuk chatting sekaligus di beberapa messenger seperti ICQ, AOL, Jabber, MSN, Yahoo dan QQ.

Album for 3650/60, 6600, 7650 dan N-Gage

Menampilkan semua detail foto dan gambar Anda dalam satu kali tampilan.

Jadi layaknya seperti kita melihat gambar di PC dengan memakai ACDSee. Gambar yang kita miliki akan ditampilkan secara thumbnail di sebelah kiri, sementara di sebelah kanan ditampilkan lebih detail gambar yang kita sorot dalam ukuran yang lebih besar sehingga tidak perlu lagi dibuka satu2 gambarnya seperti browser standar pada aplikasi ‘images’ bawaan Nokia bila kita ingin melihat lebih detail gambar tersebut. Sementara itu, di bagian bawah gambar yang diperbesar, terdapat detail gambar yang kita sorot, seperti tanggal pembuatan gambar, ukurannya, dan sebagainya.

Al Moazen for 3650/60, 6600, 7650 dan N-Gage

Gunanya sebagai pengingat waktu shalat. Sangat berguna sekali dan banyak fungsinya. Point pentingnya adalah software ini bisa disesuaikan dengan altitude dan latitude kota di mana pemakai berada sehingga bisa didapat jadwal shalat yang tepat.

Alarm yang digunakan juga interaktif dengan memakai suara adzan, selain itu juga dapat ditambahkan lagi suara2 seperti yang kita inginkan.

Blizard Installer

Aplikasi ini berguna untuk memainkan game N_gage pada ponsel symbian seri 60 misalnya 6600, 3650 dan 3660. Caranya install dulu aplikasi ke ponsel anda kemudian pilih game N Gage yang akan diinginkan, kemudian copy dan pastekan di folder yuang disediakan blizzard apps

Bluejack

Buat ngegodain orang dengan menggunakan bluetooth, teknisnya bluetooth lawan harus aktif sehingga kita bisa pairing dengan yang bersangkutan. Misalnya kirim SMS: bertulisan hai…dijamin deh dia akan kebingungan.

Blacklist

Aplikasi yang ini bisa untuk memblokir nomer2 telpon yang tidak kita kehendaki. Kalo temen iseng2 miss call di black list aja. Sayangnya, aplikasi ini masih blom bisa memblok Private number.

Bemused :

Program ini memungkinkan kita untuk mengontrol winamp yang ada di komputer via ponsel dengan bantuan koneksi Bluetooth, baik mengganti lagu, play, stop, kontrol volume. apalagi speker kompi kita ganti dengan wireless headphone, kita gak perlu nongkrong didepan kompi utk dengerin mp3, asal masih dlm jangkauan Infrarednya headphone ama jangkauan tsb.

Celltrack

Mengetahui lokasi dimana kita berada !! teknisnya mendeteksi cell BTS terdekat dengan kita. Kita harus melakukan pendataan kode cell dimana kita berada. Misalnya kita berada di Plaza Surabaya dengan kode / CellId 15311 maka kita wajib menyimpannya. Nah..data ini akan tersimpan pada ponsel.

Dictaphone <- sound recorder

Aplikasi buat ngerekam2 apa aja bisa merekam pembicaraan di telepon unlimited time (tergantung MMC)sebab program standar bawaan nokia cuman bisa rekam 1 menit.

Doris Browser:

Web browser sudah support ssl, cukup hemat space, dan handal. Kelebihan lainnya tidak terlalu makan cache.Jika jaringan GPRS operator anda cukup stabil, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi ini.

Eprofiles Pro for 3650/60, 7650, dan N-Gage (6600?)

Kegunaannya adalah adanya fungsi untuk menetapkan waktu kapan suatu profiles yang kita set akan aktif sendiri secara otomatis. Bagi pebisnis, hal ini sangat berguna sebab profile akan menyesuaikan waktu sesuai settingnya. Jika jam 10 siang, kita bisa set menu profile silent.atau jika dah nyampe dirumah bisa diset General. Kemudian save. Maka hari berikutnya, Eprofiles ini akan mentaati perintah anda Nada dering bisa diset dengan midi dan wav.

eBook

Buat baca buku di sela-sela kesibukan kita, umumnya file buku elektronik berekstensi *prc.beberapa buku elektronik bisa didownload di internet. Kebanyakan novel dan kisah drama, kendalanya semua elektronik book masih menggunakan bahasa Inggris.

Facewarp

Aplikasi menggunakan kamera yang bisa merubah bentuk muka kita misalnya mata menjadi kecil, hidung besar bibir tebal dan sebagainya secara otomatis setelah kita mengambil foto orang tersebut.

Pilihan perubahan mukanya cukup beraneka ragam. Lucu juga!

FotoFunpack

Kumpulan aplikasi untuk edit foto. bisa menambahkan frame cantik, serta edit foto misalnya menambahkan efek yang lebih terang.

Full Screen Caller (FSCaller)

Program ini dipakai untuk menampilkan foto penelepon kita secara full screen.. jadi ga cuma thumbnail kecil, tapi kita bisa liat dengan leluasa..

FExplorer

Sama seperti Seleq kelebihannya bisa lihat kapasitas memori setiap direktori .

Gina

Program untuk ngesave SMS dari yang kita inginkan ke situ tentunya dengan password protected. Sangat pas buat yang punya WIL atau PIL jadi kalo kita gak pengen SMS nya dibaca or dihapus orang lain, maka aplikasi ini sangat berguna.

Goboy

3650/60, 6600, 7650 dan N-Gage

Mainkan game2 Emulator game boy di dalam ponsel Anda! Kekurangannya adalah pada supportnya yang hanya untuk file2 ROMS ekstension gb dan gbc Kelemahannya, emulasi suara yang dihasilkan terdengar kurang jelas. Parahnya lagi, apabila program ini sedang jalan, lantas ada telepon atau sms yang masuk, maka suaranya akan hilang, terkadang malah hang. Namun secara keseluruhan, program ini adalah emulator yang handal sebab 90% game goboy bisa dimainkan dengan baik.

Game Phone for 3650/60, 7650 dan N-Gage.

Sama fungsinya seperti Goboy, yaitu sebagai emulator gameboy di ponsel symbian. Walaupun sudah disempurnakan pada bagian suara yang dihasilkan dan bug suara ketika ada panggilan dan sms yang masuk, suara yang dihasilkan tetap saja masih tidak bisa dikategorikan baik. Selain itu juga baru support game2 gameboy dengan ekstension gb dan gba, sama seperti goboy. Menu yang ada juga sudah lebih disederhanakan sehingga mudah dipakai dan program ini juga adalah salah satu emulator yang powerful.

Heresy Composer

Bagi user yang gemar modif lagu poly… aplikasi ini bisa dijadikan referensi sebab pada song type ada 5 pilihan yang bisa di digunakan sebagai basic music :dance, funk, ballad, heavy rock, computer speak. Semua type tersebut bisa di rearrangement sendiri. Dari masing2 type terdapat sedikitnya 9 alat music yang bisa dikombinasikan.

Handy Photosafe

Berguna untuk menyimpan gambar agar tidak dilihat orang lain.Passwordnya protected aja biar aman.

Handy Reminder for 3650/60, 6600, 7650 dan N-Gage

Software ini fungsinya sebagai multi alarm yang merupakan enchanced functioning dari alarm standar yang ada. Alarm yang bisa diset bisa sampai maksimal tujuh alarm. Dan waktu dan kejadiannya juga bisa diatur sesuai keinginan si pemakai. Beberapa setting yang disediakan oleh software ini adalah: dering sekali, dering setiap hari, dering setiap hari tertentu dalam satu minggu, dan dering yang muncul setiap hari kerja (senin – jumat).

Kekurangan dari software ini adalah tidak adanya setting kemunculan dering yang lebih spesifik lagi, misalnya dering setiap hari tertentu (Senin trus Rabu trus Sabtu misalnya) dalam satu minggu yang bisa diset dalam satu kali atur.

Selain itu juga, program ini juga masih belum bisa mengubah nada dering standar menjadi nada dering yang kita inginkan. Tapi hal ini bisa diakali dengan mengkombinasikan software ini dengan program lain, misalnya eprofiles pro.

Hair Style Mobile

Berguna buat yang gaul, sebab bisa merubah bentuk (panjang, pendek, keriting, lurus dll) rambut,so…hal tersebut bisa dilakukan dari kamera langsung ataupun dari Pic yang sudah ada.

Handy Expense

Berfungsi untuk mencatat pengeluaran kita sehari2 dengan bisa memasukkan tanggal, jenis dan besar pengeluaran pada tanggal tersebut. Kita juga bisa buat laporan pengeluaran per bulannya. Buat yang pengen kaya…aplikasi patut jadi referensi penghematan.. Bukankah ..hemat pangkal kaya!!

JJKeyLock

Untuk ngunci keypad otomatis dalam jangka waktu yg sudah kita tentukan.

Jamanda Cabir FIX

Software anti virus untuk memberantas virus cabir (*caribe).

MP3 Gravity

Aplikasi ini sangat mengecewakan dan nggak layak diinstal pada ponsel. Kualitas suara serta tampilan skinnya juga jelek banget.

MsvDriveE

Aplikasi yang berfungsi untuk memindahkan inbox SMS ke partisi MMC, ini sangat berguna buat kamu yang pengen nyimpen SMS sampai bertahun-tahun. Sebab umumnya SMS yang berkesan pasti akan disimpan selamanya …Artinya jika jumlah SMS yang banyak itu, disimpan di C://system, maka akan memberatkan kinerja ponsel.

MMS-it

Aplikasi buat ngirim MMS yang isinya file apapun.Bisa dicoba kok tapi inget bandwith pengiriman MMS over GPRS khan hanya 100kb jadi lebih dari itu nggak jamin nyampe tujuan.

Name Swaper

Untuk membalikkan posisi nama contacts dari lastname-firstname menjadi firstname-lastname, dan sebaliknya. Bisa dilakukan individually (one-by-one) atau langsung semua

namayang ada di list kamu

Netfront:

Browser untuk mengakses Internet yang sudah mendukung ssl and java script jadi ketika browsing, kita bisa melihat animasi plus text wrapping. Agar tulisannya teratur, cache bisa disetel, pilihan text only

Opera Browser

Browser terbaik didunia, bisa menyimpan page yang telah kita buka, selain itu kalo sering membuka satu halaman secara berkala, maka akan lebih cepat. Mis : kita sering membuka www.yahoo.com maka jika akan membuka lagi dilain hari, speednya semakin cepat. Kelemahannya : kapasitasnya terlalu berat sehingga agak lamban

OggPlay

Player yang satu ini bisa dijadikan alternatif pengganti ultraMP3 player ato MP3go. Salah satu kelebihannya adalah mampu memutar file audio dengan bitrate rendah dan hemat kapasitas MMC, Selain itu, kemampuan suaranya juga nggak kalah jika dibandingkan dengan MP3.

OPman

Operator logo manager from Ximplify, buat ganti2 logo operator yang ada di atas.Sebenarnya aplikasi ini nggak terlalu penting sebab mengganti logo operator bisa menggunakan Seleq.

PDF+ for 3650/60, 6600, 7650 dan N-Gage

Membaca file2 PDF dari PC di HP symbian Anda? Bisa dengan program ini! Penting sekali jika kita dalam perjalanan bisnis dan menerima file penting dalam bentuk PDF di mail box kita. Dengan software ini, informasi Anda tidak akan tertunda.

Photo Plus 2K for 3650/60, 6600, 7650

Software yang besifat all in one ini mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan dengan ponsel symbian berkamera Nokia. Fungsi2nya antara lain pengambilan gambar standar atau dengan berbagai macam frame, melihat gambar2 yang sudah diambil dalam satu langkah, dan juga disediakan beberapa fungsi pengeditan gambar.

PhotoID

Sama seperti FSCaller hanya saja kualitas gambarnya mlebih bagus, karena ringtone yang sudah kita setting tidak berubah. mis. Groups family kita set: heaven jika kita menggunakan Photo ID maka ringtonenya tetap heaven sedangkan pada FS Caller ringtonenya bakan berubah jadi standart nokia

Psiloc where i am :

Semacam program GPS [global Positioning System] yang memakai lokasi BTS dimana kita berada. Misalnya di rumah atau kantor, atau bahkan di mall. Kegunaannya adalah apabila kita sudah mensave tempat2 yg sering ktia kunjungi sehari hari, Ponsel kita bisa diset untuk melakukan sesuatu berdasarkan lokasi kita berada saat itu, misalnya aktifkan profile khusus untuk di kantor pas kita ada di kantor, atau kalau dimall langsung otomatis aktifin profile yg vibratenya nyala dan tonenya maksimum, Bisa diatur sesuai keinginan dan kebutuhan pemakai. Selain switch profile, program ini juga bisa mengaktifkan alarm (berdasarkan lokasi tentunya bukan berdasarkan waktu), power off, change image, dan sms.

Parlette Extender for 3650/60, 7650, 6600 dan N-Gage

Fungsinya hanya untuk mempercantik tampilan HP dengan warna-warni tambahan yang dapat diubah dari colour parlette HP. Warna apa saja saya lupa, tapi yang pasti ada empat warna tambahan untuk memperindah tampilan HP sesuai selera

Pocket Qur’an

Al-Qur’an yang bisa digunakan untuk menemani waktu senggang kita. Kelemahannya, aplikasi ini tidak menampilkan harokat atau tanda baca dalam Al Qur’an.

SmartMovie <- Video Player

Sekarang ini merupakan player movie terbaik dibandingken dengan pvplayer, realone karena kualitas gambarnya yang nyaris sama dengan file sourcenya. Tapi ukuran filenya lebih besar dibandingin dengan .rm atau .mp4. Saran kami gunakan setting bitrate 112 kbps untuk hasil yang memuaskan atau 80 kbps untuk kualitas standar. Dengan settingan ini hasilnya tentu lebih bagus ketimbang real media.

SMSCs

Untuk melihat sms Service center!!

SMS TImer

Pengingat pesan berupa SMS bisa digunakan untuk mengirim SMS pada saat dan waktu yang kita inginkan.. kadang berguna jika kita pengen mengingatkan seseorang tentang janji.

SMS reminder

Mengingatkan kita apabila ada SMS masuk secara periodik.

SpaceDoubler

aplikasi ini digunakan untuk mengcompres aplikasi anda yang sedang tidak digunakan dengan maksud menghemat memory… work on 7650,3650/60,Ngage

SmartVcard

Aplikasi ini berguna untuk membackup contact/phonebook anda kedalam mmc, biasanya diperlukan apabila anda akan memformat HP anda agar data2 contact anda bisa “diselamatkan”. Setelah itu anda bisa merestore kembali backupan contact tadi ke phone book kembali.

SmartCrypto

Aplikasi ini berguna untuk melindungi file2 penting anda seperti movie file, foto,etc agar tidak bisa dilihat oleh orang lain dengan menggunakan password yg bisa ditentukan oleh anda sendiri.

Skin Editor for 3650/60, 7650 dan N-Gage (6600?)

Gunanya untuk mengedit skin2 yang telah dimiliki ataupun untuk membuat skin2 baru untuk dipakai pada software smart launcher. Skin yang kita peroleh diletakkan di folder system\data\LNSkins. Bisa juga digunakan foto sebagai latar belakang skin ini, sehingga selain kita bisa menaruh wallpaper kesayangan kita di tampilan display, kita juga bisa melakukan hal yang sama untuk tampilan menu ponsel. Cool banget deh..!!!

Soundercover

Aplikasi ini cukup berguna untuk menyamarkan background lingkungan dengan lawan bicara kita. Misalnya jika setting untuk situasi keramaian, maka lawan bicara kita akan mendengar suara berisik di pasar..padahal kita berada di kamar hiks ketipu dong..!! format soundnya “.amr”jadi lebih hemat memori, suaranya bisa kita buat sendiri dengan fasilitas recorder pada ponsel. Hanya aplikasi ini aktif di mode loudspker jadi suaranya cukup keras.

Screen Capture

Aplikasi ini digunakan sebagai save screen yang akan kita ambil dan disimpan ke image secara otomatis.Fungsinya sama seperti print screen pada PC

SeleQ

Software ini dari Simplify. Buat pengguna ponsel symbian [3650/60, 6600, 7650 dan N-Gage] hukumnya wajib punya. Gunanya untuk menjaga agar sistem kita tetap bersih dari sampah2 file yang tidak berguna lagi. Sebab umumnya, sebuah program yang sudah tidak diperlukan masih tetap tersimpan di C:// Disediakan mulai dari copy, paste, cut, rename, delete, sampai merubah status file (hidden, system, dan read only). Dapat melihat file2 system, peringatan apabila file system hendak dihapus, sampai dengan proteksi (auto lock) ketika program ini dalam modus standby untuk mencegah terhapusnya file2 penting secara tidak sengaja.Jika MMC anda sering eror, ada baiknya memindahkan aplikasi ini di partisi C: toh filenya cuman 162,47 kb. Kecil dan berguna. Bisa juga buat ganti logo operator !!

Torch

Ibarat Senter, yang bisa digunakan untuk menerangi sekeliling kita program ini mungkin ga penting, tapi terkadang perlu juga loh untuk senter.. walau cuma nyenter dari display nya.. tapi cukup bagus…

TheftAlert:

Gunanya untuk protect dari pencurian, semoga nggak lah !! jika terjadi, maka ponsel kita akan terkunci sampai dimasukan password dengan benar. Selain itu, ponsel akan secara otomatis mengirimkan SMS ke nomor yang telah diset sebelumnya.

Ultra MP3

Buat kamu yang punya Ponsel Symbian, Aplikasi ini hukumnya wajib. Support buat 7650,3650,3660, NGAGE,6600. Khusus untuk 6600, disarankan menggunakan versi 1.28 keatas untuk mengatasi masalah app closed. Aplikasi ini yang paling hemat memory, tampilan paling bagus, suara paling oke, bisa bikin skin sendiri. ada spectrum analyzer, dengan juga pilihan oscilloscope.

WirelessIRC

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk menjalankan program irc chat pada ponsel.teknisnya chatting dengan jaringan GPRS. Sangat kompatibel dengan 7650,3650/60, NGAGE, Nokia 6600.

WildSkinz

Menambahkan warna skin pada ponsel symbian seri 60 agar terlihat lebih cool

Zipman:

Sama seperti winzip pada PC, aplikasi ini bisa buat kompres file yang akan dikirim misalnya jpg,3gp,real media.

4 Tanggapan

  1. Panjang amat artikelnya? Copy dimana?
    Gimana nih?
    Dah lama commentnya gak berubah. Gak uptodate yach. padahal jadi WEB ADMIN nih.

  2. Waduh mas jadi binggung nech…aplikasi kalo mau langsung download di http://hensonmobile.wordpress.com

    atau kalo mau cari aplikasi paling murah di http://tinyurl.com/6d7omz

    Thank’s
    salam kenal

  3. Mas lam kenal, gimana ta caranya masang widget blog ini seperti “Resensi Film, dan Domain gratis itu ya, kesannya kan WP blog non iklan, tapi kok sampean bisa masangnya ya? Bantuin dong, makasih.

  4. gampang khok mas, pasang az kode widget html dr situs yang ada. asalkan bukan kode berbasis javascript insyaaala bisa

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: